Jumat, 11 Oktober 2013

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K900, Spesifikasi dan Harga

Lenovo sebagai salah satu pabrikan produsen gadget asal Cina telah meluncurkan produk flagship-nya, Lenovo K900, di pasar Indonesia. K900 mengusung kekuatan dengan dukungan prosesor Intel.

Tampilan Lenovo K900 terlihat sangat apik pada sisi desain. Memiliki ukuran layar 5,5 inci dan produk ini memiliki dimensi 157x78x6.9 mm, berat 162 gram. Pada sisi kiri, smartphone ini dilengkapi tombol untuk mengatur suara dan tombol power terletak pada sisi sebelah kanan.

Pada bagian bawah, terdapat micro USB port dan jack headphone 3,5mm bersama microphone. Microphone kedua diletakkan di belakang, berdampingan dengan dual-LED flash.

Layar smartphone yang berukuran 5,5 inci ini memiliki resolusi hingga 1.080x1.920 dengan kualitas HD. Pada handset Lenovo K900 bagian atas, terdapat grill speaker dan sensor kamera 2 megapixel yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video (video call).

Masih di aspek handset, material K900 menggunakan material berbahan alumunium dengan desain yang stylish dan unibody, sehingga baterai tidak dapat dilepas-pasang.

Bagian belakang smartphone asal Cina menampilkan logo Lenovo yang terpampang lugas. Masih di bagian belakang, tertanam kamera 13 megapixel dengan dual-flash dan grill speaker terdapat pada bagian bawah sebelah kanan.

Lenovo K900 menggunakan kartu GSM berjenis micro-SIM.

Untuk dapur pacu, performa K900 mengandalkan kekuatan chipset Intel Atom Z2580, prosesor dual-core yang berpacu pada clock 2.0 GHz, kartu grafis PowerVR SGX544 dan RAM 2GB.

Dengan performa dapur pacu dan aspek grafis yang tersedia, Lenovo K900 sepertinya mampu menaklukkan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Play.

Namun keunggulan tersebut justru belum bisa diandalkan, ketika perangkat ini dilakukan uji coba untuk menjalankan permainan (game) dan mengakses berbagai aplikasi, Lenovo K900 terasa cepat panas. Bahkan ketika menggunakan aplikasi Kingsoft Office pun Lenovo K900 cepat panas.

Pun sama halnya ketika memainkan game tertentu, terkadang mengalami beberapa masalah, antara lain : tampilan gambar yang tidak sempurna dan kadang-kadang keluar dari permainan tanpa di perintah untuk keluar.

K900 hanya menyediakan ruang penyimpanan internal (memori internal) sebesar 16 GB tanpa dilengkapi slot microSD untuk ruang penyimpanan memori eksternal.

Ketika menguji Lenovo K900 didapati bahwa kadang-kadang adaptor USB perangkat ini tidak mampu mendeteksi keberadaan flashdisk/microSD.

K900 terpasang aplikasi kamera yang bernama Super Camera yang terdiri atas modus Burst, Panorama, Night Portrait, HDR, Low Light, Smile, Macro, dan Timed Photo.

Selain itu, terdapat pula modus ekstensi, Eraser, Group, GIF, dan Magic GIF. Hasil jepretan kamera utama K900 pun cukup baik. Modus Micro misalnya, mampu merekam gambar secara detail.

Aplikasi lainnya yaitu Super Gallery, ruang penyimpanan direktori foto dengan tampilan antarmuka khusus. Melalui fitur ini, saat membuka dan melihat foto, pengguna cukup dengan menggeser foto ke atas untuk menghapus gambar.

Tampilan antarmuka yang menarik dari K900 ini mengadaptasi dari sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Dengan tampilan antarmuka ini, pengguna dapat melakukan kostumisasi tampilan dan meminimalisir penggunaan dan pemasangan launcher.

Sebagaimana ulasan tersebut diatas, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan smartphone Lenovo K900 :

Kelebihan (+)
+ Antarmuka menyediakan opsi kostumisasi
+ Layar IPS Full HD 5.5 inci
+ Kamera 13 megapiksel yang diperkuat berbagai fitur dan mampu merekam video dengan kualitas 1080p
+ Desain ultra tipis
+ Tampilan premium

Kekurangan (-)
- Cepat panas
- Tak nyaman saat digenggam
- Tidak adanya slot microSD
- Baterai tidak bertahan lama
- Baterai tidak dapat dicopot

Spesifikasi :

Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 5.5 inches (~401 ppi pixel density) dengan Corning Gorilla Glass 2

OS : Android 4.2 Jelly Bean
Chipset : Intel Atom Z2580
Prosesor : Dual-core 2.0 GHz
Kartu Grafis : PowerVR SGX544
RAM : 2GB
Sensor : Accelerometer, proximity, compass
Baterai : Li-Po 2.500mAh
Browser : HTML5
Harga : Rp. 4,8 juta.@

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K900, Spesifikasi dan Harga