Minggu, 20 Oktober 2013

Hasil Uji Benchmark Independen : iPhone 5s VS Android Quad Core


Sebuah benchmark independen melakukan pengujian dalam rangka mencari smartphone mana yang unggul dalam kecepatan. Pengujian dilakukan terhadap iPhone VS Android Quad Core, antara lain : iPhone 5s, iPhone 5c, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S4 Mini, LG G2, HTC One, HTC One Mini.

Secara tersurat, dilihat dari aspek spesifikasi smartphone di atas, Android quad core di atas kertas jelas memiliki prosesor yang lebih unggul dibandingkan dengan prosesor dual core iPhone 5s.

Namun, spesifikasi di atas kertas tersebut justru terbalik dengan hasil uji yang dilakukan oleh Majalah Which! yang melakukan pengujian terhadap beberapa smartphone di atas dengan memakai aplikasi GeekBench.

Aplikasi GeekBench melakukan test berat untuk prosesor dengan memanfaatkan kemampuan single core, dan juga multi core dari masing-masing perangkat.

Dalam pengujian tersebut, ternyata dual core iPhone 5s yang hanya memiliki clock 1,3 GHz, mampu mengalahkan kompetitor lainnya yang memiliki kecepatan lebih tinggi dan jumlah inti yang lebih banyak.

Apa yang menjadi penyebab dual core iPhone 5s bisa menjadi yang tercepat? Kemungkinan karena pengaruh dari arsitektur 64 bit yang diusung chip A7 Apple.

Saat untuk bernavigasi menu atau membuka aplikasi ringan, baik iPhone 5s atau lawan-lawannya sama cepat dan sama responsif. Bedanya, prosesor iPhone 5s teryata unggul saat dibebani tugas berlebih. Hal ini biasa terjadi saat dipakai untuk edit video, bermain game, atau sejenisnya.

Berikut adalah urutan smartphone tercepat yang dikutip dari Which! Pada, Minggu, 20-10-2013.

- Apple iPhone 5s : 1410 (single core score), 2561 (multi core score)
- LG G2 : 882 (single core score), 2355 (multi core score)
- Samsung Galaxy S4 : 687 (single core score), 1939 (multi core score)
- HTC One : 643 (single core score), 1805 (multi core score)
- Apple iPhone 5c : 711 (single core score), 1281 (multi core score)
- Samsung Galaxy S4 Mini : 649 (single core score), 1135 (multi core score)
- HTC One Mini : 477 (single core score), 880 (multi core score).

Demikian tulisan Hasil Uji Benchmark Independen : iPhone 5s VS Android Quad Core. Semoga bisa bermanfaat.@

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hasil Uji Benchmark Independen : iPhone 5s VS Android Quad Core