Minggu, 01 September 2013

Cara Membuat Baterai Android Tahan Lama


Para pengguna smartphone hampir sebagian besar mengeluh tidak awetnya daya tahan baterai handset mereka, termasuk Android. Dengan kapasitas yang bertambah besar, baterai di sebagian besar ponsel Android sekarang memang lebih awet dibanding generasi terdahulu.

Berikut ini cara memaksimalkan daya tahan baterai sehingga dapat menambah performa baterai smartphone.

SUHU 'HANDSET'

Jauhkan ponsel anda dari suhu panas berlebihan. Daya tahan baterai Androis akan lebih maksimal apabila ponsel digunakan dalam ruangan. Jika di luar ruangan, sebaiknya simpan ponsel di dalam tas.

KECERAHAN LAYAR & SCREEN TIMEOUT

Layar merupakan komponen yang paling banyak menyedot daya tahan baterai. Oleh karena itu, turunkanlah level brigthness atau kecerahan layar sesuai dengan keyamanan mata anda. Hal ini akan menambah daya tahan baterai.

Selain tingkat kecerahan, pengaturan screen timeout perlu dipersingkat. Setting ini membuat layar Android tidak menyala apabila tidak lagi tersentuh.

POWER SAVING MODE & MATIKAN GETAR

Sebagian ponsel Android memiliki fitur power saving mode. Fungsi power saving mode yaitu untuk menghemat baterai. Apabila power saving mode aktif, ponsel akan melakukan beberapa teknik untuk menghemat baterai, misal : mematikan koneksi Wi Fi atau Bluetooth, dan menurunkan kecerahan layar.

Power saving mode memiliki pengaruh cukup signifikan dalam performa ponsel. Disarankan agar anda mengaktifkannya saat daya tahan baterai mulai melemah.

Mode getar atau vibrasi juga bisa mempercepat lemahnya daya tahan baterai. Jika tidak diperlukan, sebaiknya mode vibrasi jangan diaktifkan.

MATIKAN KONEKTIVITAS

Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth atau GPS, dapat mempercepat menurunnya daya tahan baterai. Jika anda tidak menggunakan fitur konektivitas, sebaiknya fitur tersebut dimatikan.

Gunakanlah fitur-fitur tersebut hanya pada saat anda membutuhkan untuk menggunakannya.

FLASH & WALLPAPER

Penggunaan flash di kamera, wallpaper animasi akan menurunkan daya yang cukup besar. Gunakanlah wallpaper statis agar daya tahan baterai Android lebih lama.

SINYAL

Apabila anda sedang berada di zona yang susah sinyal, sebaiknya matikan ponsel anda. Proses pencarian sinyal membutuhkan konsumsi baterai yang tidak sedikit atau fungsikan flight mode sehingga proses pencarian sinyal dihentikan.@

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Baterai Android Tahan Lama